Hukum

Pusat Kota Bandung Rawan Curanmor

Bandung, BEDAnews

Pencurian kendaraan bermotor khususnya roda 2, masih menjadi primadona kejahatan konvensional di kota Bandung. Beberapa wilayah di kota Bandung seperti wilayah Sumur Bandung, Coblong, Kircon, Bandung Wetan dan Lengkong masih rawan curanmor.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan juga menggunakan kunci ganda pada kendaraan serta jangan memarkir kendaaraan di tempat sepi, guna mengantisipasi aksi curanmor," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Wijanarko di Mapolrestabes Bandung, Rabu (7/11).

Selama bulan Oktober 2012, lanjut Wijanarko, jajaran Satreskrim Polrestabes Bandung, berhasil menangkap 20 tersangka dari 16 kasus curanmor selama periode Oktober 2012. Dua diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas, lantaran berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap.

Wijonarko mengatakan pihaknya berhasil menangkap tersangka dibeberapa wilayah yaitu di daerah Sukajadi, Andir, Bandung Kulon, Sumur Bandung, Coblong, Kiaracondong, Arcamanik.

"Kita menangkap 20 tersangka dari 16 kasus dan dua diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan ditembak dikaki karena berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap," ucapnya saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Rabu (7/11).

Dia pun menyebutkan dari beberapa tersangka, ada yang merupakan resedivis dengan kasus serupa. "Modusnya adalah dengan mengambil motor yang diparkir dirumah, kantor, dan pusat perbelanjaan dengan kunci astag atau leter T ketika pemilik lengah dan tidak memberikan kunci tambahan atau ganda pada kendaraanya," katanya.

Adapun modus lain yaitu pelaku tidak segan-segan melakukan tindak kekerasan saat melakukan aksinya merampas sepeda motor, seperti kasus di Arcamanik. "Barang bukti yang kami amankan berupa 15 unit kendaraan roda dua, empat buah kunci astag, dan sebuah kunci leter T," ucapnya. (Lanie)

Selanjutnya

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close