TNI-POLRI

Ikatan Istri Anggota DPRD Jabar Gelar Pengobatan Gratis

Kab. Bandung, BEDAnews

Ikatan Istri Anggota DPRD Jawa Barat (IKIAD) kembali melaksanakan kegiatan Bakti sosial secara spontan berupa pengobatan gratis untuk keluarga miskin (Gakin) di wilayah Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung yang bertempat di aula kantor Camat Cikancung, Kab. Bandung, Rabu (17/10) dan pada kesempatan yang sama juga diberikan santunan uang tunai kepada sejumlah Gakin yang berasal dari beberapa desa.

Kegiatan melibatkan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Kota Bandung dan Kab. Bandung. Hadir dalam baksos tersebut Ketua IKIAD Provinsi Jawa Barat, Ir. Endang Irfan Suryanagara, Camat Cikancung, Drs. H. Achmad Solihin, M.Si., dan Kepala Puskesmas Cikancung, Dadan Wardana.

Dalam kegiatan bertemakan “Bersama IKIAD Peduli dan Berbakti untuk Jabar" ini Ketua IKIAD DPRD Jawa Barat , Ir. Endang Irfan Suryanagara menyatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan social IKIAD terhadap masyarakat luas.

“Kegiatan IKIAD di antaranya melaksanakan pengobatan massal gratis, pemberian santunan bagi kalangan keluarga kurang mampu dan kegiatan sosial lainnya. Sebelumnya, kami sempat menggelar sunatan massal," kata Endang.

Penanggung jawab kegiatan, Ny. Hj. Susana Uu Rukmana mengatakan, kegiatan pengobatan gratis dan bantuan untuk masyarakat ini diikuti oleh lebih dari 300 pasien. "Kami gelar bakti sosial ini secara spontan. Meski waktu persiapannya relatif singkat, namun syukur kegiatan ini bisa berjalan sesuai keinginan, yakni disambut antusias masyarakat  Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung," terangnya.

Kegiatan ini juga lanjut Hj. Susana, merupakan bagian dari program kerja IKIAD yang selama ini terus bersentuhan dengan masyarakat luas di Jabar dan sekitarnya. Selain itu, IKIAD pun fokus pada kegiatan religi dan pendidikan.

"Memang IKIAD ini organisasi yang berbeda dari PKK (Program Kesejahteraan Keluarga). Kalau PKK itu merupakan program pemerintah yang pembiayaannya ada bantuan dari pemerintah. Sementara IKIAD, pendanaannya pure dari kepedulian (keluarga anggota dewan). Kepedulian dan langkah kami ini semoga bermanfaat," urainya.

Camat Cikancung, Drs. H. Achmad solihin, M.Si. menambahkan, pengobatan massal ini hanya untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap gakin yang mengidap penyakit ringan. Achmad berharap tahun depan IKIAD kembali menggelar pengobatan massal dengan sasaran langsung ke desa-desa.

"Misalnya, memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang menderita penyakit kelumpuhan, TBC dan penyakit berat lainnya yang harus dirujuk ke rumah sakit. Tetapi pelayanan yang akan diberikan tetap berdasarkan pada keterjangkauan dana," katanya. (Hermanto)

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

  1. 911428 574647Maintain up the wonderful piece of work, I read couple of blog posts on this internet site and I believe that your web site is real fascinating and has lots of fantastic information. 854759

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close