Regional

Anggota DPR-RI Sosialisasikan Falsafah Hidup Berbangsa Bernegara

Garut, BEDAnews

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Hj. Siti Mufthahah, P.Si menggelar sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, di hotel di kawasan Jalan Otista, Tarogong Garut, yang dihadiri sekitar 200 undangan dari kalangan mahasiswa, pemuda, karang taruna, ibu PKK dan unsur lainnya.

Menurut Siti, di era globalisasi kebebasan berbicara serta adanya tuntutan reformasi dan menyampaikan sesuatu membuat orang lupa dan tidak berpegang teguh pada falsafah negara yang seharusnya di anut.

Akses informasi yang luas dan bebas menyebabkan terkikisnya moral masyarakat, masyarakat banyak yang bertindak tidak sesuai akidah serta norma hukum karena kebutuhan ekonomi dan lainnya.

Banyak penyebab masyarakat tidak memahami empat pilar ini, ujar Siti, karena banyak tidak memahami apa itu pancasila. Contohnya sila pertama, Ketuhanan yang maha esa, kita belum faham apa arti dari sila tersebut, sehingga kemudian banyak dari masyarakat yang tidak memahami cara hidup berbangsa dan bernegara dari sila kesatu saja," kata Siti.

Siti juga menyayangkan hilangnya program P4 yang dulu dilakukan oleh BP7 pada zaman Orde Baru. Dengan program ini masyarakat minimal memahami secara mendasar apa itu pancasila. "Sayang mata pelajaran Pancasila dan UUD 1945 tidak lagi menjadi mata pelajaran di sekolah sekolah, padahal hal itu dapat memupuk jiwa nasionalisme warga negara sejak dini," pungkas Siti. (Yuyus)

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close