Ekonomi

PDAM Tirtawening Kuras Kolam Reserpoir

BEDAnews, Bandung
Walikota Bandung Dada Rosada dan Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda, melihat secara langsung pengurasan kolam reserpoir (kolam penampungan air bersih) yang dimiliki oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening, yang terbagi dua kompartemen, sebelah barat dan timur.
Menurut Dada Rosada, pengurasan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pelayanan agar air yang mengalir kepada masyarakat tetap terjaga kebersihannya. “Penampungan air ini cukup besar, kalau tidak kita pelihara secara rutin takutnya terkontaminasi,” ujar Dada saat meninjau langsung dibersihkannya kompartemen bagian barat, awal pecan lalu.
Pengurasan itu juga lanjutnya, untuk mengecek apakah ada kerusakan atau kebocoran, karena ditakutkan pada saat gempa ada goyangan, yang menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak diketahui.
“Kolam ini kan ada dua kompartemen, kalau pas dua-duanya rusak, tentu nantinya akan merugikan masyarakat, makanya kolam tersebut di cek secara rutin seperti hari ini,” jelasnya.
Hal senada disampaikan, Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Pian Sopian, bahwa pengurasan tersebut dilakukan untuk mengecek kondisi kolam penampungan air bersih di PDAM.
Menurutnya sudah hampir 20 tahun kolam tersebut belum dikuras, meskipun air yang ada di kolam itu merupakan air bersih yang siap dialirkan kepada pelanggan, tetapi hasilnya setelah dikuras, di dalam kolam tersebut terdapat sekitar 20 cm sedimentasi lumpur. “Setelah kita kuras, maka kolam tersebut akan dicek apakah ada kebocoran atau kerusakan,” ujar Pian.
Dari hasil sementara menunjukkan ada retakan namun hal tersebut tidak sampai menimbulkan kebocoran. Selain itu juga sambungan antara beton juga perlu untuk diganti karena sudah tidak sempurna lagi, meskipun hal tersebut tidak sampai menyebabkan kebocoran, katanya.
Pian menjamin walau ada pengurasan, namunpasokan air kepada pelanggan tidak akan terganggu, karena debit air yang biasa dialirkan tetap sama, meskipun hanya menggunakan satu kompartemen dari dua kompartemen yang biasa di gunakan. (Cil)

Selanjutnya

Related Articles

One Comment

  1. so wonderful, cant bileeve its me in the photos!!!hahaha. thanks for every capture here and there!Wagyu Story is the photographer we greatly recommend for any moments in your life!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close